Keuntungan dan Kerugian Bertanam Cabai Rawit di Polybag

 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Polybag

 Pemakaian polybag untuk budi daya tanaman khususnya cabai rawit mempunyai beberapa keuntungan dan kerugian. Berikut ini uraian keuntungan dan kerugian penggunaan polybag untuk budi daya tanaman cabai rawit.

Keuntungan pemakaian polybag sebagai berikut
-Biaya lebih murah untuk pembelian polybag bertanam dibandingkan pot.
-Mudah dalam perawatan.
-Pengontrolan/pengawasan tiap tanaman lebih jelas. Misalnya pemeliharaan tanaman seperti serangan hama/penyakit dan kekurangan unsur hara.
-Tanaman cabai rawit dapat terhindar dari banjir atau tertular hama/penyakit.
-Polybag mampu ditambahkan bahan organic/pupuk kandang sesuai takaran.
-Menghemat ruang dan tempat penanaman.
-Komposisi media tanam mudah diatur.
-Nutrisi yang diberikan dapat langsung diserap akar tanaman.
-Dapat dibudidayakan kapan saja tanpa mengenal musim.
-Dapat digunakan sebagai tanaman obat dan tanaman hias di pekarangan/teras rumah.

Kerugian pemakaian polybag sebagai berikut.
-Polybag mempunyai masa pemakaian 2-3 tahun atau 2-3 kali pemakaian untuk media tanam
-Kurang cocok untuk usaha sekala besar
-Produktifitas kurang maksimal dibandingkan pada lahan
-Media tanam akan mengurangi/menguras unsur organik dan media lainya.

Hampir semua jenis tanaman hortikultura yang berumur pendek seperti cabai rawit dan cabai besar dapat ditanam didalam polybag. Produktivitas yang menghasilkan dan mutu produknya juga tidak berbeda jauh dengan yang dilahan. Bertanam cabai di polybag juga merupakan alternatif pemecahan masalah bila Anda memerlukan konsumsi buah cabai segar di rumah.

Pemilihan Polybag

Pemilihan Polybag sebagai wadah tanaman cabai rawit banyak ditentukan oleh perkembangan pertumbuhan tanaman seperti perakaran, ketinggian, batang, dahan, dan ranting. Hal tersebut dilakukan agar nantinya polybag mudah dipindahkan/digeser. Misalnya saat Anda melakukan pembibitan benih cabai rawit, untuk minggu pertama – minggu ke tiga Anda dapat menggunakan polybag berukuran kecil atau gelas bekas air kemasan. Polybag kecil digunakan sebelum bibit cabai rawit dipindahkan ke polybag yang berukuran lebih besar.

Mari kita mengenal lebih dekat perkembangan perakaran cabai yang dipengaruhi oleh kesuburan tanah. Tanaman akan memiliki akar dengan percabangan banyak bila tanahnya subur. Batang juga mengalami pertumbuhan mencapai 150 cm bila tanahnya subur. Jika tanaman subur dan daunya rimbun maka bila ditiup angin dan bersenggolan dengan manusia atau binatang polybag yang berukuran kecil mudah roboh atau jatuh. Pemilihan Polybag yang tepat dilakukan dengan melihat pertumbuhan tanaman yang bersangkutan untuk meminimalkan kegagalan budi daya cabai rawit .

Pemilihan polybag sebagai wadah bertanam cabai rawit tentu mempunyai alasan tersendiri. Polybag yang berukuran besar ternyata dapat menumbuhkan tanaman seperti di tempat lahan yang sebenarnya. Pertumbuhan tanaman seperti akar,batang cabang, daun tetap tumbuh normal dan pada akhirnya akan mencapai fase generatif pembungaan, pembuahan, dan masaknya buah sampai saat dipanen. Tanaman hortikultura berumur pendek yang ditanam di polybag tidak akan terhambat pertumbuhannya dibandingkan tanaman buah berumur lebih panjang. Media tanam yang ada di dalam polybag tidak aka menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Ukuran dan jenis Polybag

Agar tanaman cabai rawit dapat bertahan lebih lama berproduksi, polybag yang dipakai berukuran besar. Biasanya polybag yang dipakai pada perkebunan seperti untuk kelapa sawit/kelapa dalam/hibrida berwarna hitam dan putih dengan ukuran sebagai berikut.
Panjang                   :40-55 cm
Lebar                     :40 cm
Tebal                     :0.11 mm

Anda tidak akan kesulitan memperoleh polybag ukuran tersebut karena pedagang toko pertanian, saprodi, atau di toko plastic sudah menyediakannya, biasanya dijual perkilo (22.000/kg).  Sebenarnya ukuran tersebut tidak mutlak hanya untuk saran saja. Anda bisa saja mengunakan ukuran berbeda tergantung kebutuhan anda dan luas lahan yg dipakai. Yang paling penting adalah bisa digunakan sampai tanaman umur 6 bulan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pembuatan Media Tanam

Pembuatan Pupuk Organik, Kompos, dan Kandang