Mengapa Kita Harus Menanam Dalam Polybag?

Tanaman cabai tidak memerlukan persyaratan tumbuh yang terlalu spesifik. Secara umum tanaman cabai rawit hampir dapat ditanam di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini budi daya cabai umumnya masih dilakukan dalam skala kecil karena kepemilikan lahan oleh petani yang relatif sempit. Keterbatasan lahan inilah yang seringkali menyebabkan petani petani membudidayakan cabai sampai dilahan bekas hutan dengan kemiringan lebih dari 40 % tanpa menerapkan konservasi lahan.

Mengatasi permintaan cabai rawit yang merata sepanjang tahun seringkali petani melakukan penanaman secara terus menerus. Hal inilah yang menyebabkan meningkatnya serangan OPT yang kemudian diberantas oleh petani dengan menggunakan pestisida secara berlebihan. Lebih lanjut, hal tersebut menyebabkan tingginya residu pestisida pada produksi yang dihasilkan serta menganggu kelestarian lingkungan .

Timbulnya berbagai masalah dalam budi daya cabai rawit terutama terhadap keamanan produk dan lingkungan perlu dihindari. Oleh karena itu, usaha budi daya cabai rawit perlu dilakukan secara benar, berwawasan lingkungan,  dan organik. Dengan upaya secara benar ini diharapkan usaha budi daya cabai rawit dalam polybag dapat diusahakan secara berkelanjutan dan produksinya aman untuk dikonsumsi.

Comments

Popular posts from this blog

Keuntungan dan Kerugian Bertanam Cabai Rawit di Polybag

Pembuatan Media Tanam

Pembuatan Pupuk Organik, Kompos, dan Kandang