Syarat Tumbuh

Secara umum pertumbuhan cabai rawit akan sangat baik kalau ditanam di daerah dengan curah hujan dan panas yang cukup. Penanaman pada tempat yang berbeda dari persyaratan tersebut akan menghasilkan buah dan kualitaas yang kurang maksimal. Factor lokasi penanaman juga berperan cukup besar dalam berproduksi cabai rawit. Cabai rawit paling cocok ditanam pada ketinggian 0-500 m dari permukaan laut dan suhu rata-rata 190  – 300  C  serta curah hujan 1000-3.000 mm/ tahun.
Tanah untuk media tumbuh cabai rawit secara umum harus kaya bahan organic, gembur, serata pH (derajat keasaman) tanah sekitar 6-7. Bila tingkat keasaman lebih rendah dapat dinaikan dengan penambahan pemberian kapur pertanian (dolomite).

Budi daya cabai rawit memang tergolong berisiko tinggi. Namun, risiko ini bisa diminimalis dengan memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan budi dayanya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan syarat tumbuh tanaman cabai. Syarat tumbuh ini pada dasarnya ditentukan oleh dua hal. Pertama, curah hujan dan kelembapan. Kedua, jenis tanah, pH tanah, dan ketinggian lahan.

Comments

  1. jika saya sudah terlanjur menanam pohon cabe di musim hujan, apakah dengan mengganti jenis pupuk saya bisa tetap menghasilkan panen baik kelak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa disiasati dengan cara diberi paranet diatas tanaman

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keuntungan dan Kerugian Bertanam Cabai Rawit di Polybag

Pembuatan Media Tanam

Pembuatan Pupuk Organik, Kompos, dan Kandang